Xiaomi Mulai Debut Magical Mi Mix

xiaomi-mi-mix

TEKNOLOGI, CK - Xiaomi merupakan salah satu merek gadget yang lagi booming saat ini, dengan spesifikasi gadget yang lumayan tinggi untuk range harga yang cukup terjangkau untuk kalangan ekonomi menengah kebawah.

 

Pada hari Selasa baru-baru ini, Xiaomi mengumumkan gadget smartphone yang baru dengan nama Mi Mix, yang mempunyai persentase tampilan lebih dari 90 persen bodi perangkat.

Mi Mix adalah smartphone dengan ukuran 6.4 inci yang didesain oleh perancang dari Perancis bernama Philippe Starck. Produk ini menunjukkan fitur-fitur yang mengindikasi bahwa mereka ingin berkompetisi dengan smartphone kelas atas, berbeda dengan pendekatan pasar Xiaomi selama ini.

Smartphone ini mempunyai layar 91.3 persen dari bodi smartphone, yang apabila dibandingkan dengan iPhone 7 Plus dari Apple yang hanya mempunyai layar 67.7 persen dari bodi, merupakan keunggulan yang sangat signifikan, dimana tampilan merupakan faktor yang sangat berpengaruh untuk smartphone masa kini.

Untuk mencapai persentase layar ini, Xiaomi mengkreasikan smartphone ini dengan merubah beberapa komponen dan letaknya, seperti kamera depan yang biasanya diletakkan dibagian atas, dipindahkan berada dibawah, speaker untuk melakukan panggilan diganti dengan piezoelectrik speaker yang menggunakan rangka besi pada perangkat untuk menghasilkan suara, dan juga mengganti "infrared proximity sensor".

Infrared proximity sensor adalah sensor yang akan mematikan layar perangkat saat didekatkan ke telinga untuk melakukan panggilan. Mi Mix menggunakan gelombang ultrasonik dan perangkat lunak untuk menggantikan fungsi infrared proximity sensor.

"Kami menggunakan pemancar suara yang sudah ada didalam smartphone," jelas Guenael Strutt, Wakil Kepala produk developmen di Elliptic Labs, pencipta teknologi gelombang ultrasonik untuk sensor diMi Mix dan menyebutnya "Inner Beauty"."

"Gelombang ultrasonik diciptakan dari smartphone, memantul ditubuh pengguna smartphone, diterima oleh mikrofon, dan diproses menjadi data dengan algoritma didalam smartphone, untuk mengaktifkan fitur sensor, tanpa harus menambah sensor yang baru. Menggunakan suara juga dapat mencegah kesalahan pada infrared proximity sensor yang biasanya terpengaruh oleh cuaca, kulit, dan rambut.

Bukan hanya tampilan saja menarik, Mi Mix mempunyai spesifikasi yang cukup canggih.

Kamera 16-megapixel dengan fitur "phase-detect auto focusing", Kapasitas batterei sebesar 4.400 mAh, dual SIM slots, Prosessor Snapdragon 821, dan high-definition audio dengan 192 Hz/24-bit DAC chip yang kompatibel dengan headphone standar.

Xiaomi merencanakan akan meluncurkan produknya ini akhir Oktober di Cina, dan mempunyai 2 tipe.

Tipe 4GB RAM dengan 128GB ROM dibanderol sekitar IDR 6.500.000, dan tipe 6GB RAM dengan 256GB ROM akan dibanderol sekitar IDR 7.750.000.

Harga yang cukup menarik untuk smartphone dengan spesifikasi yang tinggi dan desain yang menarik.

(tnw/xt)